Jenis-jenis Sapi

Sapi Limosin (Limousine)

Sapi limosin atau sapi Diamond Limousine merupakan jenis sapi unggulan dan merupakan sapi pedaging yang menjadi andalan masyarakat Indonesia. jenis sapi ini pertama kali di kembangkan di Negara perancis dan berhasil di kembang kan di Indonesia dengan baik hingga sekarang.

Untuk sekarang di tahun 2016 ini sapi limosin memiliki harga yang tinggi jika di banding dengan sapi pedaging lainnya selain itu limosin memiliki perototan yang sangat baik jika di bandingkan dengan sapi Simental.

Untuk ciri nya, sapi ini memiliki bentuk tanduk yang kecil, tubuh yang sangat besar dan memiliki perototan yang bagus serta kulit tebal dan bulu berwarna merah ke coklatan. Keunggulan sapi limosin dari jenis jenis sapi lain adalah mempunyai tingkat pertumbuhan yang sangat cepat, dalam sehari bisa mencapai 1,1 kg. kemudian berat atau bobot untuk sapi limosin jantan dewasa bisa mencapai 1,2 ton/ekor.

sapi limosin

Sapi Brahman

Selanjutnya ada sapi Brahman, sapi ini berasal dari india dan berhasil di kembang biakkan secara pesat di amerika serikat pada tahun 1849. Di Negara As sapi Brahman di seleksi dengan baik sehingga menghasilkan sapi yang sangat bermutu. Kemudian setelah berhasil sapi Brahman di export ke luar negri termasuk Indonesia. dan di Indonesia pun dapat berjalan dengan baik dan sama dengan limosin sapi Brahman menjadi andalan para peternak sapi.

Sapi Brahman sendiri sering di sebut sapi super karena memiliki perototan yang bagus seperi limosin dan juga memiliki berat yang bisa mencapai 1 ton lebih. Harganya pun jelas lebih mahal jika di banding dengan sapi lokal atau sapi asli Indonesia. Dan Brahman termasuk kedalam jenis sapi potong atau pedaging dan sangat cocok di ternak di Negara kita Indonesia.

Untuk cirinya memiliki punuk yang besar dan memiliki kulit longgar bergelambir kebawah dari leher higga perut lebar, dengan banyak bentuk lipatan lipatan. Kemudian mempunyai kulit yang sangat beragam mulai dari warna coklat, putih dan sampai kehitaman. Brahman juga mempunyai keunggulan seperti tahan akan terhadap penyakit serta memiliki karkas yang sangat bagus.

Sapi brahman

Sapi Simental

Jenis jenis sapi unggulan lainnya adala sapi simental, sama dengan sapi limosin dan Brahman sapi ini adalah sapi yang memiliki badan yang sangat besar dan memiliki perototan yang sangat kuat. Banyak para petani sapi dan membeli salah membedakan mana sapi simental, limosin, dan Brahman. Sebab ke tiga jenis sapi ini memiliki ciri yang hampir sama dengan berat yang bisa mencapai 1 ton lebih.

Sapi simental berasal dari Negara Switzerlan (Swiss) dan berhasil di kembangkan secara pesat hingga saat ini di Negara Australia, Selandia baru dan benua  Amerika. Untuk tipe sapi ini memiliki dua fungsi yaitu bisa di jadikan sapi perah dan juga bisa di jadikan sapi pedaging. Berat sapi simental jantan dewasa bisa mencapai 1150 kg/ekor sedangkan untuk betina dewasa mencapai 800 kg/ekor.

sapi simental2

Sapi PO (Peranakan Ongole)

Jenis jenis sapi berikut nya adalah sapi PO atau singkatan dari Pernakan Ongole. Untuk sapi yang satu ini adalah salah satu jenis sapi lokal  asli Indonesia atau biasa di sebut sapi jawa atau sapi putih. Sapi PO sendri merupakan sapi hasil persilangan antara sapi Ongole yang berasal dari india dengan sapi jawa. Selain di jadikan sapi pedaging sapi PO bisa di jadikan sapi pekerja seperti membajak sawah.

Ciri khas dari sapi Po sendiri adalah memiliki punuk dan gelambir besar dan menggelantung namun tidak sebesar sapi Ongole. Warna bulu pada sapi ini sendiri adalah putih keabu abuan, dan untuk berat sapi PO sangat bervariasi dari 220 kg sampai 600 kg/ekor.

sapi PO

Sapi bali

Jenis jenis sapi unggulan lainnya yang berada di Indonesia adalah sapi bali. Untuk jenis sapi bali mempunyai warna yang khas yang tidak di miliki oleh sapi lain yaitu terdapat warna putih di antara kedua kaki di bagian belakang. Untuk sapi pendet atau anakan sapi memiliki warna merah sawo matang apabila sudah dewasa akan berubah menjadi kehitam hitaman untuk sapi jantan sedangkan untuk sapi betina akan tetap tidak berubah.

Sapi bali masuk kedalam sapi pekerja, sebab sapi ini merupakan keturunan dari sapi liar dan banteng. Selain itu sapi ini memiliki bentuk tubuh yang kuat dengan pertototan yang besar dan stamina dayan tubuh yang sangat baik dan kuat.

sapi bali

Sapi Madura

Kemudian ada sapi Madura, jenis sapi ini merupakan hasil persilangan antara sapi Zebu (Bos Indicus) dengan sapi Banteng (Sondaicus). Sapi Madura sendiri merupakan salah satu jenis sapi pedaging dan pekerja, untuk sapi jantan memiliki sedikit punuk sedangkan untuk sapi betina tidak berpunuk. Memiliki tanduk kecil dengan lengkungan setengah bulan dan ujung tanduk menghadap ke depan. Kemudian warna pada sapi Madura berwarna merah bata baik itu jantan atau betina.

Dan untuk berat badan mencapai 350 kg/ekor dan tinggi rata rata pada sapi jenis ini mencapai 118 cm. walaupun memiliki bentuk yang kecil namun mempunyai stamina yang bagus.

Nah itulah jenis jenis sapi unggulan lokal maupun non lokal yang berhasil di kembangkan di Indonesia baik itu sapi pedaging atau potong maupun sapi perah dan sapi pekerja. mudah mudahan dengan adanya referensi atau penjelasan mengenai jenis sapi dapat membantu anda semua dalam membedakan nama nama dan jenis sapi yang ada di Indonesia.

sapi madura

Sumber: http://www.berkebunonline.com/2016/02/jenis-jenis-sapi.html